Kamis, 27 Februari 2014

contoh laporan pramuka








Oleh :

AMBALAN LA TENRI TAPPU
GUGUS DEPAN 13.11.1515


Laporan kegiatan ini diajukan
sebagai syarat untuk memperoleh
Nilai kegiatan ekstrakurikuler



Oleh :
AMBALAN 2 SANGGA 2
AMBALAN LA TENRI TAPPU
GUGUS DEPAN 13.11.1515


HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu(Perjusami) & Orientasi Pengenalan Pramuka Siswa (Operasi) Ambalan La Tenri tappu-We Tenri Tuppu Gugus Depan 13.11.1515-13.11.1516 SMA Negeri 1 Lappariaja”.Dibuat dalam rangka memenuhi nilai Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Lappariaja. Telah disahkan pada hari tanggal      oleh Pembina Ambalan Putra.



 Lappariaja,  25 Oktober 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                       Pembina Ambalan,
Selaku Mabigus



Drs. Mastan, M.Pd.Ahmad, S.Pd.                          H. A.Tahir,S.Pd
NIP 19680808 199412 1 005                                  NIP.       









KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah laporan ini dapat diselesaikan. Laporan ini disajikan untuk memperoleh nilai kegiatan ekstrakurikuler. Itu sebabnya struktur dan isi laporan ini dibuat sederhana guna memudahkan siswa dalam mempelajarinya.
Komponen penting dalam sistem pendidikan dan pelatihan adalah tersedianya laporan. Melalui laporan ini diharapkan semua siswa tidak hanya mempelajari materi dan menguasai laporan ini, tetapi dapat pula menerapkannya dengan baik dan benar. Akhirnya, kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari tahap sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun yang kami harapkan untuk bisa lebih baik lagi.
                                                                                   
Lappariaja, Oktober 2013

Ambalan 2 sangga 2



DAFTAR ISI

1.      Halaman sampul................................................................................  ii
2.      Halaman Pengesahan.........................................................................iii
3.      Kata Pengantar...................................................................................iv
4.      Daftar isi.............................................................................................v
5.      Bab I Pendahuluan............................................................................ 6
a.       Latar belakang............................................................................. 6
b.      Dasar Kegiatan............................................................................ 6
c.       Manfaat.......................................................................................  6
d.      Motto...........................................................................................7
e.       Nama Kegiatan............................................................................7
f.       Waktu Dan tempat.......................................................................7
g.      Sistem Penyelenggaraan.............................................................7
h.      Peserta.........................................................................................7
i.        Kepanitiaan.................................................................................8
j.        Penutup.......................................................................................8
6.      Bab II Lampiran...............................................................................8
a. Jadwal Kegiatan............................................................................9
b. Jenis Kegiatan dan Hasil Kegiatan............................................... 10
a.       Pos Tes.................................................................................. 10
b.      Materi Penjelajahan.............................................................. 11
c.       Penjelajahan.......................................................................... 12
-          Pos pelepasan.........................................................12
-          Pos 1 s/d 10.......................................................... 12 - 18
d.      Debat .................................................................................... 19
c. Foto Kegiatan................................................................................ 21
d. Pesan dan Kesan (*Perorang)....................................................... 22
7.      Laporan Kegiatan (Skanario, Kartu Kontrol dan Peta-Pita)............. 25




BAB I
PENDAHULUAN
LAPORAN KEGIATAN
PERKEMAHAN JUMAT SABTU MINGGU (PERJUSAMI)
ORIENTASI PENGENALAN PRAMUKA SISWA (OPERASI)
A.  Latar Belakang
Gerakan Pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun sebagai penerus generasi selanjutnya.
Dalam mencapai tujuannya, antara lain dalam upaya menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.
Untuk hal tersebut perlu memberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan bagi para anggota Pramuka ambalan Latenri Tappu - We Tenri Tuppu dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila. Kegiatan tersebut selain merupakan upaya pembinaan anggota Amabalan, juga merupakan program kerja tahunan yang telah ditetapkan melalui  Musyawarah Ambalan.
B.  Dasar Kegiatan
     Adapun tujuan penulisan laporan kegiatan perjusami ini antara lain :
1.    Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
2.    Program Kerja Ambalan Latenri Tappu - We Tenri Tuppu tahun 2013/2014.
3.    Rapat Dewan Ambalan pada tanggal 4 September 2013.

C.  Manfaat
Adapun manfaat penulisan laporan kegiatan perjusami ini antara lain :
1.    Pembekalan materi pengetahuan dan keterampilan kepramukaan bagi anggota Pramuka Gugus Depan 13.11.1515 - 13.11.1516.
2.    Menanamkan disiplin dan mental yang lebih baik demi menumbuhkembangkan karakter bangsa.
3.    Penerimaan dan pelantikan anggota Ambalan Pramuka Penegak Gugus Depan 13.11.1515 - 13.11.1516.
D.  Motto
“Disiplin – Setia – Persaudaraan dalam Gerakan Pembaharuan Kita Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang Demi Satu Merah Putih, Satu Indonesia untuk Satu Pramuka”
E.   Nama Kegiatan
OPERASI (Orientasi Pengenalan Pramuka Siswa)
Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami)
Jenis Kegiatan :
1.    Penjelajahan/Haiking,
2.    Pembekalan dan Pemantapan Materi Kepramukaan.
3.    Penerimaan dan Pelantikan anggota.
4.    Out Door Games.
5.    Api Unggun.
6.    Diskusi.
7.    Upacara.

F.   Waktu dan Tempat
Hari/ Tanggal                     :  Jumat-Sabtu-Minggu, 11-13 Oktober 2013.
                                                (Jumat mulai 14.00 s.d. Minggu 12.00)
Tempat                               :  Bumi Perkemahan Lappaccengnge
                                                Desa Patangkai, Kec.Lappariaja, Kab. Bone               
G.  Sistim Penyelenggaraan
Kegiatan diselenggarakan dengan cara Latihan pengenalan selama 6 (enam) kali pertemuan dilanjutkan berkemah/ mendirikan tenda, dengan dibentuk tiap kelompok/ Sangga.
H.  Peserta
1.  Peserta adalah siswa-siswi kelas 1, atau anggota Pramuka yang telah memenuhi usia Penegak.
2.         Sehat Jasmani dan Rohani serta mendapatkan izin dari Orang tua.
3.   Membawa perlengkapan berkemah dan keperluan Pribadi.
4.         Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan Panitia.



I.     Kepanitiaan
Penyelenggaraan kegiatan telah dibentuk kepanitiaan yang terdiri dari Pembina dan Anggota Pramuka Ambalan Latenri Tappu - We Tenri Tuppu. Kepanitian tersebut dibentuk pada tanggal 4 September 2013.
J.    Penutup.
Demikian laporan ini diajukan untuk mendapat pertimbangan. Selanjutnya atas kebijakan dan dukungan dari berbagai pihak sangat kami harapkan.

Lampiran :
1.      Jadwal Kegiatan
2.      Jenis Kegiatan dan Hasil Kegiatan
a.       Pos Tes
b.      Materi Penjelajahan
c.       Penjelajahan
d.      Debat
3.      Foto Kegiatan
4.      Pesan dan Kesan (*Perorang)










GERAKAN PRAMUKA
AMBALAN LA TENRI TAPPU-WE TENRI TUPPU GUGUS 13.11.1515-13.11.1516
SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA
Sekretariat :LeppangengPoros Makassar
NO
HARI/TGL/WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
PEMBINA
1.
Jumat, 11-10-2013
14.00 – 16.00
16.00 – 16.15
16.15 – 17.15
17.15 –20.00
20.00 – 23.00

-    Penerimaanpeserta
-    Mendirikan Kemah
-    UpacarapembukaandilanjutkanPosTes
-    ISHOMAS
-   Ceramatentangberkemahdanpenjelajahan

-    SanggaKerja
-    SanggaKerja
-    SanggaKerja

o  Panitia





-          Ka’ Arbin, Ka’ Ahmad
-          SemuaPembantu Pembina
2.
Sabtu, 12-10-2013
04.30 – 06.00

06.00 – 07.00
07.00 – 17.00

17.00 – 20.00
20.00 – 23.00


§ Benahdiri, salatsubuh, dan SKJ

§ MCK dansarapan
§ Pegembaraan
§ MembuatLaporanperjalanan
§ ISHOMA
§ Forum Penagak


-    SanggaKerja

-    SanggaKerja
-    SanggaKerja
-    SanggaKerja

-   SanggaKerja







-          Ka’ Arbin, Ka’ Ahmad
-          SemuaPembantu Pembina
3.
Minggu, 13-10-2013
04.30 – 06.00

06.00 – 07.00
07.00 – 14.00



§ Benahdiri, salatsubuh, dan SKJ

§ MCK dansarapan
§ UjiDiri
§ UpacaraPenutupanPerkemahan
§ SAYONARA

-    SanggaKerja

-    SanggaKerja
-    SanggaKerja
-    SanggaKerja






-          Ka’ Arbin, Ka’ Ahmad
-          SemuaPembantu Pembina
CATATAN :
- SEWAKTU-WAKTU JADWAL DAPAT BERUBAH


 
































2. jenis Kegiatan Dan  Hasil Kegiatannya
a. Pos Tes
            Kegiatan Pos tes ini dilaksanakan pada waktu malam  pertama di lokasi perkemahan atau malam Sabtu  11 oktober 2013, dimana pos tes ini membuat peserta terkeco akan soal buatan  tim kreatif rover scout. Soal yang berjumlah banyak tetapi yang dijawab hanya 3 nomor bahkan banyak peserta yang jawab semua petanyaan yang ada dala lembaran kertas soal pos tes, dari 400 lebih peserta hanya 4 orang yang lolos dalam kegiatan  pos tes, nomor 16 yang membuat peserta terkeco,  disinilah kami kekurangan ketelitian dalam  menjawab soal-soal sehingga hasilnya sangat mengecewakan.





















b. Materi Penjelajahan
            Materi  penjelajahan berlangsung setelah pos tes, dan disampaikan oleh ka’ Abin, penyampain materi ini sangat diperlukan dikalangan  peserta yang tidak mengerti akan  penjelajahan  karena bila tidak di mengerti materi penjelajahan maka bisa saja akan tersesat , skanarioyang dibuat bisa membuat peserta tertipu, materi yang di berikan  yaitu cara-cara menyelesaikan sandi-sandi ,arah-arah mata angin dan tata cara penggunaan Kompas dan hasil yang diperoleh dalam  materi tersebut cukup baik karena dalam sanggah  kami berjalan lancar mulai dari kami berangkat sampai kami finish.  






















c. Penjelajahan
            Jam 8 kegitan penjelajahan dimulai dan kita dibagikan  amplop dan isi dari amplop itu ada, Skanario perjalanan, Peta Pita, dan Kartu Kontrol. Setelah meyelesaikan sandi yang diberikan kami jalan pertama diantar sanggah lain. Di perjalanan sangatlah seru karena antara sanggah 1 dan sanggah 2 amblan 2 saling berkejar kejaran dan sanggah kami yang pertama sampai karena anggota sanggah kami semuanya semangat. Dan hasil yang di peroleh cukup baik sekali dan lampiran Skanario, Peta-pita dan kartu  kontrol :
1.      Pos Pelepasan
Pos pelepasan ini digunakan sebagai ujian pertama untuk siapa yang berangkat pertama, karena siapa yang cepat menyelesaikan sandi maka dialah yang berjalan  pertama, adapun jenis sandi yang di berikan sebagai berikut :





            Perintah Dari sandi tersebut Adalah :
            Carilah panglima kerajaan dan mintalah petunjuk perjalanan.
2.      Pos 1
Dari pos pelepasan sangga kami berjalan sekitar 200 meter dengan arah 2800 dan kami pun menemukan Pos 1 di pos satu ini kami mendapatkan sandi :



            Perintah Dari sandi tersebut Adalah :
            Ukurlah salah satu pohon cikal yang ada disekitarnu
            Dan Cara menaksir tinggi pohon antara lain
1.      Kita berjalan dari pohon sejauh 11m, tandai daerah tersebut dengan label titik B

2.      Di titik B, berdiri seorang temanmu (diam) dengan sebatang tongkat. Lalu  majulah 1m ke titik C

3.      Di titik C, tiarap dan intailah ujung atas pohon melalui sisi tongkat. Perhatikan tinggi pohon terletak dimana pada tongkat. Tandai titik itu dengan label titik D, sedangkan tinggi pohon dilabeli titik E
4.    hitunglah tinggi pohon (AE) dengan rumus 12 * BD

 



           




Dari salah satu pohon cikal yang ada disekitar pos 1 kami memilih salah satu pohon cikal dan melakukan pengukuran dengan perolehan penaksiran 9,6 M
3.      Pos 2
Dari pos 1 kami berjalan menujuh arah 300  dan menemukan pohon jaruk kami mengubah arah ke 2850 150 M kami menemukan pos 2 dimana pos dua ini kami mendapatkan rintangan berupa jaring laba-laba dan diberikan sandi :


 





Dengan perintah dari sandi tersebut adalah :
“Selamatkan diri anda dari sengatan laba lalaba”
Setelah melewati rintangan kami pub berjalan menuju pos 3
4.      Pos 3
Dari Pos 2 kami berjalan menuju arah 1200 dn perjalan dengan ukuran sekitar 89 M, setibah di pos 6 kami pun menerima sandi :
 






            Dengan Perintah dari sandi tersebut adalah :
            Buatlah hasta karya dan ekspresikan dalam bentuk Puisi
 Hasta karya yang kami buat dari daun lontar yang seperti pengikat kepala raja.





Dan Eksperi puisi yang kami buat adalah puisi kerajaan
                                    Kerajaan
Kerajaan adalah tempat dimana raja-raja
Istirahat dimana mereka membicarakan
Nasib rakyatnya
Mereka tak ingin rakyatnya sengsara
Mereka berusaha agar kerajaan mereka
Tetap sejaterah dan terhindar dari
Gonjangan kerajaan lain
Hanya kerajaan yang dapat memberikan hidup
Kepada rakyatnya dan tak ingin membuat rakyatnya sengsara.
5.      Pos 4
Dari pos 3 kami melanjutkan perjalanan kembali menujuh arah 300 dan setelah kami berjalan kami menemukan pohon sagu kemudian arah kami ubah ke arah 1300 dan berjalan sekitar 100 M kami menumakan pos 4 dan mendapatkan sandi perintah :



Dengan  perintah dari sandi tersebut adalah :
“Usunglah utemanmu yang tertembak tadi sampai pos berikut”
Kami kompak untuk membuat usungan untuk menopan teman kami yag tertembak tadi sehinggah selesai membuat usungan kami melanjutkan perjalan menuju Pos 5
6.      Pos 5
Setelah mengerjakan berbagai perintah dari kakak-kakak penjaga pos 4 kami kembali bergegas melanjutkan perjalanan, dari pos 4 kami berjalan kearah 200 dan berjalan sekitar 200 M kami pun menemukan pos 5 yang berada di pinggiran sungai adapun sandi perintah yang kami kerjakan sebagai berikut :
 




Dengan perintah dari sandi tersebut adalah :
“Buatlah Sketsa sungai dan tentukan derasnya arus dengan menggunakan rumus” .
Adapun rumus yang du gunakan adalah S = V x T
-          Sketsa sungai                                                  - cara menentukan deras arus

 






7.      Pos  6
Setelah menyelesaikan perintah kami melanjutkan perjalanan menujuh arah 400 dengan menyusuri sungai sekitar 250 M dari pos 5, kami menemukan pos 6 dan sandi perintah seperti berikut :
 




Adapun perintah dari sandi tersebut yaitu :
“ Peluklah tanah airmu pada lorong hatuh di depan anda”
Dan kami pun melewati rintangan tersebut dengan penuh semangat
8.      Pos 7
Setelah menyelesaikan perintah pos 6 kami menlanjutkan perjalanan menuju pos 7 kami berjalan ke arah 900, sekitar 100 M dari pos  6 kami menemukan pos 7 dimana pos 7 ini adalah pasar murah dan mendapatkan sandi perintah :
 





Perintah dari sandi tersebut adalah :
“Catatlah Sebanyak-banyak barang yang terdapat pada pasar murah”
- sabun
- kayu manis
- asam
- tali rapiah
- sandal
9.      Pos 8
Kami melanjutkan perjalanan menujuh arah 1200 dan berjalan menuju lapangan bola di lappacengge kami berjalan sekitar 500 M dari pos 7, di pos 8 kami mendapatkan sandi baerupa :




Perintah dari sandi tersebut adalah :
“Selamatkan merah putih dalam perjuangan”
Kami membentuk satu tongkat dengan ikatan bawah dan atas dan menjaga keseimbangan agar tongkat tersebut tidak jatuh karena yang memengan tali matanya di tutup oleh kain sehinggah hanya pinsa yang mengendalikan jalannya tongkat tersubut yang di ikat.
10.  Pos 9
Setelah menyelamatkan merah putih kami melanjutkan perjalanan menujuh arah  2400 dengan menyusur jalan lorong yang ada di darah lappacengge kami berjalan sekitar 2000 M dan kami istirahat sejenak setelah istirahat kami menyelesaikan sandi perintah :
 




   
Perintah dari sandi tersebut yaitu :
“Kumpulkan kayu bakar umtuk unggun api”
Setelah mengumpulkan kayu kami pun melanjutkan jalan kami menujuh pos 10.
11.  Pos 10
Kami melanjutkan perjalanan sekitar 50 M dan tiba lah kami di pos terahir dan langsung saja kami menyelesaikan sandi :


            Perintah dari sandi ini adalah
            “Buatlah laporan perjalanan dalam bentuk karya ilmiah”
            Perjalan kai pun selesai dengan penuh pengalaman yang tak terlupakan oleh kami.







D. debat
Materi debat yang di buat oleh tim kreatif Rover Scout

Di pelajaran debat ini kita diberikan suatu pelajaran umtuk menghargai pendapat orang lain, dimana pada waktu debat suasana forumsangat panas dalam perkataan maupun gerak-gerik disaat menyampaikan pendapat, dari forum ini segala pendapat yang muncul, disaat akhir debat ka’ ahmad menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada yang bersalah akn tepai ini sudah mnejadi NASIB nondeng. Disini kami berfikir yang lebih luas bahwa tadinya kita mempertengkarkan dimana letak kesalahan akan tetapi semua ini hanyalah asib.
















3.Foto Kegiatan

 




















Pesan Dan Kesan
1.      Rachmat Hidayat
Kesan
Di dalam kegiatan  PERJUSAMI ini kita dapat memetik hikma dimana kita di ajarkan untuk hidup mandiri dialam kehidupan sehari, bahkan didalam kegiatan  tersebut yang terpenting dalam dir saya yaitu kebersama yang begitu baik antara panitia dengan peserta PERJUSAMI.
Pesan
Keiginan dalam mencapai suatu kebersahasilan dalam kegiatan kita harus menanamkan rasa iklhas dalam diri agar kelak kita dapat sukses, melalui kegiatan Kepramukaan sangatlah penting bagi hidupku untuk mengikuti pelatihannya.
2.      M. Ade zaini Akbar Nst
Pesan dan kesan saya pada saat perkemahan jumat, sabtu dan minggu kesan yang tak bisa kulupakan pada saat penjelajahan dan pada saat dikemah waktu penjelajahan kita dituntun untuk kompak dan oara kakak-kakak penjaga pos juga baik dan saat dikemah kita dituntun untuk madiri dan pesan saya yaitu jangan terlena jika kau merasa pintar. Dan jangan sedih pada saat kamu terkalahkan
Satyaku kudarmakan darmaku kubaktikan
3.      Muhammad taqwa palewoi
Pada perkemahan lalu terhadap banyak kenangan yang sulit untuk dilupakan, dimulai saat membangun tenda, kami bekerja sama dan masak sendiri, air disana juga sulit didapatkan kita harus berjalan kesungai, pas malam pertama kiat free tes tapi saya terkecok dengan free tes itu, esoknya kita juga pergi hiking dan disaat itu kami melewati banyak halang rintang yaang susah namun menggembirakan.
Pesan
Saya berharap kedepannya hubungan antara anggota dan panitia makin lebih baik, dan saya berharap pula rover scout makin jaya
4.      Syarif Alkadri Dasi
Didal dalam Perkemahan ini sangat mempunyai kesan yang tidak dapat terlupakn yaitu kami baru merasakan bahwa perkemahan pramuka itu sangat enak dan gembira kita berbaik sambil serius saat latihan dan pembina maupun panitia semuanya ramah dan adapun pesan saya yaitu saya berharap agar pramuka SMAN 1 Lappariaja kedepannya makin kreatif dan makin berguna bagi sesama karena “semua bisa dilakukan asalkan kita mau”
5.      Muhammad Yusuf
Pada Saat Perkemhan kami dilatih supaya kami bisa mandiri, contohnya kami harus masak sendiri, mendirikan tenda sendiri dan lain0lain dan saya sangat senang karena kami sudah dilatih untuk hidup mandiri, dan menurut saya yang paling berkesan yaitu pada saat penjelajahan karena pada saat penjelajahan itu saya dan teman-teman melatih otak untuk memecahkan sandi-sandi pada setiap pos yang akan kami lalui ayau lewati, tetapu pesan saya yaitu pada waktu shalat sebaiknya seluruh peserta maupun panitia perkemahan pergi shalat, tetapi hanya sebagian yang pergi melaksanakan shalat.
6.      Dedi Yudianto
Kesan perkemahan seperti ini sangat baik karena hanya perkemahan ini kami bis ahidup mandiri tanpa ada bantuan tangan dari orang tua kita dan pesan saya yaitu agar perkemahan seperti ini dapat dilaksanakn kembali.
7.      Andika
Perkemahan seperti waktu silang banyak menyimpan kesan salah satunya yaitu menurut saya kita didalam peserta kami dibagi antara ipa dan ips dan tidak memandang membedakan sehingga kami merasakan bahwa teman ipa dan ips itu semuanya baik dan saling akur dan pesan saya baiknya seperti ini jika ada kegiatan lainnya agar tidak membedakan dan bagi siswa yang tidak ikut sebaiknya ditegaskan sansinya menurut keputusan.


8.      A. Erwin
Jika perkemahan seperti ini kembali dilakukan saya akan ikut lagi karena kesan dalam perkemahan ini sangat menaik buatku karena jika mau makan semuanya pasti berusaha dan kompak untuk masak didapur agar sangga kami bisa makan dengan apa adanya. Dan pesan saya yaitu pada sangga 2 ambalan 2 yaitu sangga saya sendiri berusaha mencapai keinginan kita agar cita-cita kita dapat tercapai dengan apa yang sudah kita impikan dari waktu silang.


















KARTU KONTROL

NAMA SANGGA : 2

POS
PERINTAH
WAKTU
JUMALH
NAMA
KET.

TIBA
BRGK.
ANGGOTA
PETUGAS

TIBA
BRGK.
POS

P.PSN
Carilah panglima kerajaan dan

8.49

8
Ka' Inul


mintalah petunjuk perjalanan




1
ukurlah salah satu pohon cikal
9.02
9.12
8
8
ka' Nur Sidar


yang ada disekitarmu


2
Selamatkan diri anda dari
9.22
9.19
8
8
Sandi & Ayu


sengatan laba lalaba


3
Buatlah hasta karya dan
9.29
9.32
8
8
Asdar & Helty


eksperikan dalam bentuk puisi


4
usunglah utemanmu yang
9.35
9.51
8
8
Saldi & Ika


tertembak tadi sampai pos


5
buatlah sketsa sungai dan tentukan
10.03
10.17
8
8
Aswar & Lisa


deras arus menggunakn rumus


6
Peluklah Tanah airmu pada
10.24
10.41
8
8
Feby


lorong hantu di depan anda


7
catatlah sebanyak-banyaknya barang
10.52
11.04
8
8
Sri


yang ada di pasar murah


8
Selamatkan Merah Putih
11.12
11.27
8
8
Narti & Edo


Dalam Perjuangan


9
Kumpulkan kayu untuk
11.31
11.49
8
8
Susi Susanti


unggun api


10
Buatlah laporan perjalanan
11.51
12.01
8
8
ka' Inul


dalam bentuk karya ilmiah


NAMA ANGGOTA :

1. Rachmat Hidayat

2. M. Ade Zaini Akbar Nst

3. Muhammad Taqwa Palewoi

4. Syarif Alkadri Dasi

5. Muhammad yusuf

6. dedi Yudianto

7. Andika

8. A. Erwin

Lappacengnge, 12 Oktober 2013

P I N S A
         RACHMAT HIDAYAT


PETA PITA

SANGGA  :  2 AMBALAN 2















































































































































11
12.49
180°
150 M
padang rumput
datar
padang rumput

10
11.49
280°
2000 M
pohon jati
mendaki
P. Jati

9
11.27
240°
1500 M
pohon
menurun
R. Penduduk

8
11.04
120°
500 M
sawah
datar
pohon coklat

7
10.41
90°
100 M
pohon coklat
menanjak
sawah

6
10.17
40°
250 M
sungai
menanjak
pohon coklat

5
9.51
20°
200 M
peternak ayam
datar
sungai

4
9.32
130°
100 M
sawah 
tanjakan
pohon coklat

3
9.19
285°
89 M
pohon kera
menurun
pohon kapuk

2
9.12
30°
200 M
sawah coklat
datar
coklat dan rumah

1
8.49
280°
200 M
Dataran terjal
tanjakan
pohon jati

NO
WAKTU
ARAH
JARAK
KIRI ROTE
ROTE
KANAN ROTE
KET.



  

2 komentar:

Gejolak Hati

Hati kokoh nan kuat Bergejolak menampar jiwa Mata tertutup telinga terbuka Hati tetap tegar.. Jalan hidup sudah menjadi takdirnya Beriringan...